Friday 8 March 2013

FOTOSINTESIS

Apa itu fotosintesis?


Seperti manusia, tumbuhan juga perlu bernafas dan makanan untuk hidup. Fotosintesis ini adalah proses untuk tumbuhan menghasilkan makanan. Fotosintesis merujuk kepada proses penukaran tenaga cahaya daripada matahari kepada tenaga biokimia. Tenaga kimia ini digunakan untuk pengikatan karbon. Proses ini dibantu oleh klorofil untuk menguraikan air kepada oksigen dan hidrogen.

    6CO2 + 12H2O + Tenaga Cahaya --> C6H12O6 + 6O2 + 6H2O

Untuk menyempurnakan proses fotosintesis ini, apa yang diperlukan ialah, klorofil pada daun tumbuhan, air, cahaya mtahari , gas karbon dioksida dan air. Jika salah satu keperluannya tidak cukup, maka proses fotosintesis ini tidak dapat berlaku. Proses fotosintesis ini meghasilkan makanan kepada tumbuhan dan menyediakan gas oksigen untuk manusia.



Apa itu Klorofil?


Klorofil digunakan oleh tumbuh-tumbuhan hijau, alga dan cyanobakteria; klorofil dijumpai dalam membran tylakoid. Elektron-elektron daripada klorofil menembusi rantaian pengangkutan elektron, yang mana ATP terhasil daripada chemiosmosis. Dalam fotofosforilasi cyclic, elektron-elektron balik ke klorohil.

struktur klorofil


Fungsi Oksigen?


Oksigen akan dibebaskan sebagai bahan sampingan, sementara hidrogen akan digunakan untuk bertindakbalas dengan karbon dioksida dan karbohidrat untuk menghasilkan menjadi gula (glukosa), hasil akhir fotosintesis.

Fungsi Fotosintesis


1. Fungsi utama fotosintesis untuk memproduksi zat makanan berupa glukosa. Glukosa menjadi bahan bakar dasar pembangun zat makanan lainnya, yaitu lemak dan protein dalam tubuh tumbuhan. Zat-zat ini menjadi    makanan bagi hewan maupun manusia. Oleh  itu, kemampuan tumbuhan mengubah energi cahaya (sinar matahari) menjadi energi kimia (zat makanan) selalu menjadi mata rantai makanan.
2. Fotosintesis membantu membersihkan udara, yaitu mengurangi kadar CO2 (karbon dioksida) di udara karena CO2 adalah bahan baku dalam proses fotosintesis. Sebagai hasil akhirnya, selain zat makanan adalah O2 (Oksigen) yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan.
3. Kemampuan tumbuhan berfotosintesis selama masa hidupnya menyebabkan sisa-sisa tumbuhan yang hidup masa lalu tertimbun di dalam tanah selama berjuta-juta tahun menjadi batubara menjadi salah satu sumber energi saat ini.

4. Dan yang palin utama sekali, proses fotosintesis ini membekalkan oksigen kepada manusia untuk bernafas.

1 comment: